Nilai Akuntabilitas Kinerja Pemkab Jepara Tahun 2023 Meningkat

Tritis.id JEPARA –  Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Jepara tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil evaluasi ini memberikan nilai 65,69 untuk tahun 2023 meningkat dari  tahun sebelumnya 64,53. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta saat penyerahan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) tahun 2023 di Ruang Sosrokartono Setda Jepara, Senin (1/4/2024).

“Meski sama-sama berpredikat B, tapi nilainya meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Edy Supriyanta.

Pada tingkat pemerintah daerah dan sebagian unit kerja utama, implementasi AKIP (akuntabilitas kinerja instansi pemerintah) sudah baik, akan tetapi, kata Edy, masih perlu perbaikan dan komitmen dalam manajemen kinerja.

“Dalam hal pelaporan kinerja, masih terdapat beberapa catatan dari tim evaluator Kemenpan RB. Silakan ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta saat penyerahan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) tahun 2023 di Ruang Sosrokartono Setda Jepara.

Lebih lanjut Edy menyebut jika hasil dari evaluasi itu, masih didapati perangkat daerah yang nilainya CC. Ini harus enjadi perhatian agara ditahun-tahun berikutnya nilainya bisa meningkat. “Ada beberapa yang nilainya masih CC. Tidak perlu saya sebut, tetapi sebagian besar dari kecamatan,” jelasnya.

Orang nomor satu di Jepara itu juga meminta dilaksanakan DESK penyusunan LKJIP bagi perangkat daerah yang lainnya. Dirinya meminta hasil evaluasi SAKIP yang telah dilaksanakan oleh Inspektorat tahun 2023 untuk dicermati.

Laporan kinerja ini juga kita laporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Maka saya minta komitmen semua kepala perangkat daerah untuk meningkatkan implementasi SAKIP di OPD masing-masing,” tandasnya. (ZACKY)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *