Perbaikan Jalan Jepara-Keling Tunggu Cuaca Membaik

Tritis.id JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan jika perbaikan jalan Jepara-Keling akan dilakukan setelah 25 Maret 2024 atau menunggu cuaca membaik. Hal ini disampaikan oleh Edy didampingi Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pati, Prasetya Aji saat mengecek jalan propinsi depan PT. Kota Jati, Desa Suwawal, Selasa (19/3/2024).

“Saya sudah minta bantuan, Insyaallah nanti setelah tanggal 25 Maret ada perbaikan. Tapi masih menunggu cuaca yang sangat ekstrim selesai. Sambil menunggu, nanti lubang-lubang besar akan ditangani dan ditutup,” kata Edy yang juga didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah Jepara.

Edy mengungkapkan, untuk tahun ini tidak ada anggaran untuk perbaikan jalan sepanjang 35 KMĀ  yang notabene milik Provinsi Jawa Tengah itu. Kendati demikian, pihaknya tetap meminta kepada Bina Marga Jawa Tengah agar menutup lubang-lubang yang membahayakan pengendara.

“Karena cuaca eksrem ini memang jalan Jepara-Keling di sejumlah titik mengalami kerusakan. Kita minta Bina Marga Jateng untuk segera mengatasi sebelum mudikĀ  lebaran,” ungkapnya.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta didampingi Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pati, Prasetya Aji saat mengecek jalan propinsi depan PT. Kota Jati, Desa Suwawal.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pati, Prasetya Aji menjelaskan, sebenarnya perbaikan jalan Jepara-Keling sudah diajukan dalam Intruksi presiden (inpres) jalan daerah. Namun karena ada perubahan anggaran di tingkat pemerintah pusat, maka usulan tersebut kandas.

“Akhirnya kami pakai anggaran pemeliharaan rutin. Anggarannya untuk 35 kilometer itu memang tidak terlalu banyak. Tapi karena kondisi sekarang ini, mungkin kita anggarkan pakai anggaran kerusakan khusus,” jelas Aji.

Meski begitu, ternyata anggaran kerusakan khusus tersebut tak bisa diandalkan sepenuhnya. Dimungkinkan, anggaran tersebut hanya bisa dikucurkan untuk memperbaiki lubang-lubang yang membahayakan. “Untuk kenyamanan, mungkin kami untuk tahun ini belum bisa menjamin. Tapi Insyaallah untuk keselamatan, kami utamakan,” pungkas Aji. (ZACKY)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *